Link Exchange :

KEPEMIMPINAN ADALAH TANGGUNG JAWAB

Kepemimpinan bukanlah masalah peringkat, hak istimewa, gelar, atau uang. Kepemimpinan adalah tanggung jawab.

Terlepas dari keragaman yang nyaris tanpa batas dengan menghormati kepribadian, gaya, kemauan, dan minat, pemimpin efektif bertingkah laku sangat mirip seperti ini:
a--Mereka tidak memulai dengan pertanyaan, "Apa yang saya inginkan?" Mereka memulai dengan bertanya, "Apa yang perlu saya lakukan?"
b--Kemudian mereka bertanya, "Apa yang dapat dan harus saya lakukan untuk membuat perbedaan?" Hal ini harus merupakan sesuatu yang perlu dilakukan sekaligus sesuai dengan kekuatan sang pemimpin dan gayanya yang paling efektif.
c--Mereka selalu bertanya, "Apa misi dan sasaran organisasi? Apa yang membentuk kinerja dan hasil dalam organisasi ini?"
d--Mereka sangat mentoleransi keragaman orang-orang dan tidak mencari jiplakan yang sama dengan diri mereka sendiri. Bahkan jarang sekali mereka bertanya, "Apakah saya menyukai orang ini atau tidak?" Namun, mereka sepenuhnya, dengan keras, tidak bertoleransi jika hal itu menyangkut kinerja, standar, dan nilai yang dianut seseorang.
e--Mereka tidak takut akan kekuatan rekan-rekan mereka. Mereka bangga akan kekuatan itu. Entah mereka pernah mendengarnya atau tidak, moto mereka adalah semua hal yang ingin dicantumkan oleh Andrew Carnegie di atas batu nisannya: "Di sini terbaring seseorang yang menarik orang-orang yang lebih baik daripada dirinya untuk bekerja padanya."
f--Mereka memastikan bahwa orang yang mereka lihat di dalam cermin pada pagi hari adalah jenis orang yang mereka inginkan. Dengan jalan ini mereka melindungi diri dari godaan terbesar yang dihadapi oleh seorang pemimpin: melakukan berbagai hal yang populer daripada yang tepat, dan melakukan hal-hal yang kurang penting, biasa-biasa, dan bermutu rendah.
g--Akhirnya, pemimpin efektif bukanlah pengkhotbah, mereka adalah pelaku. Pemimpin efektif mendelegasikan banyak hal baik. Mereka harus melakukannya atau mereka akan terbenam dalam setumpuk hal remeh. Namun, mereka tidak mendelegasikan satu hal yang dapat mereka lakukan dengan sempurna; satu-satunya hal yang akan membuat perbedaan, satu hal yang akan menetapkan standard, satu hal yang ingin orang-orang kenang dari mereka. Mereka melakukannya.
Tidak masalah anda bekerja di organisasi seperti apa; anda akan menemukan peluang untuk belajar mengenai kepemimpinan dari semua organisasi, baik itu pemerintah, swasta, dan nirlaba.
Saya menantang anda untuk bertanya, "Apa yang dapat saya lakukan di dalam organisasi saya yang akan benar-benar membuat perbedaan? Bagaimana saya dapat sungguh-sungguh menetapkan teladan?"

Saya juga berharap bahwa di kemudian hari anda akan melakukannya. (Disadur dari: Peter F. Drucker, Pemimpin Adalah Pelaku. Buku: A New Paradigm of Leadership, Editor: Ken Shelton. Penerbit: Elexmedia Komputindo)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEPEMIMPINAN ADALAH TANGGUNG JAWAB"